10
Juni

Alur Pendaftaran PPDB SUMUT 2019

PPDB online ini bisa menjadi salah satu bukti nyata, bahwa masyarakat dengan begitu mudahnya bisa mengakses layanan dari pemerintah. Meskipun pada kenyataanya ini menjadi sebuah pekerjaan rumah bagi pemerintah khususnya dalam bidang pendidikan. Kunci koneksi dari sistem ini tidak bisa dibangun hanya dengan waktu singkat jadi ini adalah proses yang bertahap dalam menjamin mutu pendidikan di negeri ini.


Penggunaan teknologi dalam pendaftaran PPDB Online SUMUT 2019 ini jelas merupakan sebuah peningkatan dalam segi layanan sekolah atau satuan pendidikan.

Cara pendaftaran PPDB Online bagi Calon Peserta Didik maupun wali murid yang ingin mendaftarkan diri adalah sebagai berikut:


Alur Pendaftaran pada gambar diatas dilaksanakan melalui Calon Peserta Didik yang melakukan pendaftaran secara online pada website PPDB DISDIKSU kemudian memprint out Formulir pendaftaran serta mempersiapkan kelengkapan persyaratan lainnya, setelah selesai kemudian calon peserta didik datang ke pilihan sekolah 1 (satu) dengan membawa formulir dan persyaratan yang sudah dilengkapi tersebut. Panitia melakukan verifikasi dan validasi berkas pendaftaran kemudian peserta menerima bukti dan tanda terima. .


Bagi calon peserta didik yang mengikut TESTING akan mendapatkan Kartu Ujian yang berisi jadwal serta token ujian setelah itu calon peserta didik mengikuti ujian Testing pada Pilihan Sekolah (1). Pengumuman Daftar Calon Peserta Didik yang lulus akan diberikan di website PPDB. Setelah Hasil PPDB online Diumumkan maka calon peserta didik yang dinyatakan lulus wajib melakukan daftar ulang pada sekolah yang dituju, apabila sampai dengan batas akhir waktu daftar ulang calon peserta didik tidak melakukan daftar ulang dianggap mengundurkan diri. Pengisian bangku kosong yang diakibatkan mengundurkan diri dapat diisi oleh calon peserta didik yang memperoleh rangking berikutnya pada sekolah pilihan 1 (satu) dari hasil perangkingan kembali calon peserta didik yang tidak lulus zonasi jarak .